Misteri Dompet yang Hilang

image

Agus sedang sial hari ini. Dompetnya hilang. Padahal ada banyak benda penting yang ia simpan di sana; kartu identitas, kartu kredit dan ATM, juga sejumlah uang yang harus ia berikan pada Istrinya di rumah.

“Itu untuk bayaran anak sekolah saya,” katanya lesu. Saya mendengarkan.

Agus bercerita, ia yakin sudah menyimpan dompetnya di saku celana yang dikancingkan. Tidak pernah keluar kecuali sewaktu ia lapar dan harus membeli sepiring nasi padang.

“Aku kira mungkin jatuh di kantin bawah. Tapi sewaktu aku tanya, mereka bilang tidak ada benda hilang di sana. Aku memang agak ingat pernah membawa dompet itu kembali ke kantor, tapi lupa sudah dimasukan kembali ke kantung celana atau belum.” Agus melanjutkan di sela-sela isapan rokoknya. Aku masih mendengarkan.

“Sudah kamu cari di meja kerja?”

“Sampai celah meja aku periksa. Tidak ada.”

“Laci?”

“Nihil.”

“Di bawah CPU mungkin.”

“Kamu bercanda?”

“Kan, siapa tahu …,”

Agus membuang rokoknya. “Yang paling  bikin pusing adalah, KTP dan semua kartu-kartu yang ada di sana. Saya harus lapor ke Bank soal kehilangan kartu kredit dan segala macamnya. Itu ribet. Saya mana punya waktu buat itu.”

“Uangnya?”

“Itu juga bikin pusing, sih,” katanya garuk-garuk kepala. “Saya sial sekali hari ini.”

Saya ikut tersenyum masam.

“Omong-omong, bagaimana soal adikmu? Sudah dapat pinjaman untuk menebus obat?” Agus mengalihkan pembicaraan.

“Ya. Saya baru dapat rejeki siang tadi. Lumayan. Buat tambah-tambah.”

Agus menepuk pundakku akrab. “Syukur kalau begitu. Kudoakan adikmu cepat sembuh, ya. Beruntung benar kamu bisa dijatuhkan rejeki saat dibutuhkan. Tidak seperti aku …,” ucapnya. Aku masih tersenyum masam, memikirkan cara mengembalikan dompetnya yang kuambil diam-diam di atas meja, tadi siang.

Tinggalkan Balasan

